Senin, 22 Januari 2018

Pidato "Menjadi Wirausahawan yang Sukses"

Selamat pagi salam sejahtera untuk kita semua.
Yth. Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Dusun Tengah
Yth. Bapak/Ibu Guru dan Staf Tata Usaha SMA Negeri 1 Dusun Tengah
Serta teman-teman kelas XII Ipa 2 yang berbahagia.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmatnya lah kita dapat berkumpul diruangan ini dalam keadaan sehat walafiat.

Pada kesempatan yang baik ini perkenankanlah saya untuk menyampaikan pidato saya yang bertema "Menjadi Wirausahawan yang Sukses".
Wirausahawan atau Entrepreneur adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali suatu produk baru. Berbicara tentang sukses pasti semua orang ingin menjadi sukses, namun menjadi sukses tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Kerap kita sering mengalami kegagalan yang mampu membuat kita cepat menyerah. Seharusnya kita hendaknya jangan cepat menyerah karena jika kita memilih berhenti pada kegagalan itu, maka menjadi wirausahawan yang sukses hanyalah khayalan belaka.

Hadirin yang berbahagia
Untuk berwirausaha biasanya kesulitan pada awal memulainya, orang menjadi sulit untuk memulai usaha karena adanya cara berpikir yang berbeda, yaitu fositif dan negatif. Ciri-ciri orang berpikir fositif adalah produk menarik, kualitas istimewa, pembeli puas, sukses dan untung. Sedangkan ciri-ciri orang berpikir negatif adalah tidak menarik, tidak laku, mutu jelek, gagal dan ragu.
Untuk menjadi wirausahawan muda sukses perlu menerapkan 5D secara konsisten, yakni
1. Dream, wirausahawan sukses memiliki 
     impian dan visi yang jelas
2. Deciveness, mampu mengambil suatu
     keputusan untuk memulai usaha
3. Doers, mulai melakukan dan tidak
     banyak bicara
3. Determination, tidak mudah menyerah
     meski banyak tantangan
4. Dedication, memiliki dedikasi yang
     tinggi terhadap pekerjaanya.

Teman-teman yang berbahagia
Saya yakin dari 36 siswa kelas XII Ipa 2 pasti berkeinginan untuk sukses maupun menjadi wirausahawan yang sukses. Untuk itu mimpi disertai usaha keras akan menghasilkan kesuksesan, karena dalam kegiatan berusaha kita harus siap menerima apapun konsekuensinya. Maka teruslah bermimpi, teruslah berusaha dan tetaplah sukses. Seperti yang dikatakan Michael Jordan " saya pernah gagal dalam hidup saya berkali-kali dan karena itu saya sukses".

Hadirin yang berbahagia
Demikian yang dapat saya sampaikan. Kiranya pidato saya akan bermanfaat bagi kita semua sebagai generasi muda yang ingin sukses. Banggakanlah kedua orang tua kita, dan teruslah semangat serta jangan pernah lupa untuk berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Mohon maaf jika ada kesalahan kata yang tidak berkenan bagi hadirin sekalian.
Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan kepada saya.
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar